Selain mencatatkan namanya sebagai pemain dengan gelar superseries terbanyak sepanjang sejarah, Nama Lee Chong Wei juga tercatat di dalam Guiness Book of Record sebagai pemilik smash terkencang. Catatan smash dengan kecepatan 408 km/h ditorehkan saat berlaga di kejuaraan Hongkong Open Superseries 2015.

Banyak hal yang bisa mempengaruhi kecepatan dari sebuah smash antara lain kondisi otot sang atlet, teknik yang benar, timing memukul yang tepat sehingga memberikan momentum optimal, tarikan senar serta tempat di mana smash tersebut dilakukan.

Ketiga factor pertama di atas, yang berkaitan dengan fisik atlet sepertinya sangat relevan dengan yang tercatat saat ini. Hal ini terkait bahwa rekor untuk smash tercepat di sektor putri dipegang Ratchanok dan di bawahnya ada Tai Tzu Ying yang masing masing dilakukan di Malaysia Open 2016 dan All England 2016.

Berbicara tentang tarikan senar, sebuah penelitian oleh Tanawat Vanasant dkk dit Mohidol University Thailand menyimpulkan bahwa tarikan senar semakin kencang akan menghasilkan smash tidak sekecang dibanding tarikan yang lebih rendah. Ternyata ini bisa dibuktikan di arena nyata di mana, dibandingkan rivalnya seperti Lin Dan, Viktor Axelsen atau bahkan Antony Ginting, tarikan senar Lee Chong Wei paling rendah.

Lalu apakah smash tercepat kedepannya mungkin terjadi di Jakarta?. Mohammad Ahsan pernah melakukan smash paling kecang di Jakarta pada saat gelaran kejuaraan dunia 2015 yakni 372 km/jam. Angka yang masih di bawah Lee Chong Wei. Ketinggian suatu tempat memiliki andil dalam dalam hal ini. Ketinggian suatu tempat yang berpengaruh pada semakin tipisnya udara dan semakin kecil impact yang bisa menahan laju shuttle cock di udara. Dari catatan rekor smash, semuanya terjadi di Hongkong Open, Malaysia Open, All England Open dan Jepang Open. Mengurutkan ketinggian lokasi kejuaraan tersebut, Birmingham 109 meter (All England), Kowloon 40 meter (Hongkong Open) Shah Alam 53 meter (Malaysia Open) dan sementara Istora Jakarta hanya 8 meter.

 

 

 

Sumber tulisan untuk tarikan raket atlet professional didapatkan di sini :

http://sticksmash.com/2016/11/07/string-tension-lin-dan-lee-chong-wei-use/

rekor smash bisa dilihat di sini :

https://www.djarumbadminton.com/internasional/berita/read/siapa-saja-pencetak-smash-tercepat-di-bulutangkis/